Jumat, April 03, 2009

sabar subur


kesabaran yang berharga

pren…hari ini saya merasa benar2 diuji banget, harus lebih banyak menahan emosi supaya gak muarahh..Bagaimana rasanya bila ada seseorang yang merendahkan diri temans2…??baik dengan cara menghina, mengejek, mencela dan sebagainya? Saya sendiri rasanya harus lebih banyak belajar lagi untuk menguasai emosi, ada beberapa cara yang biasa saya gunakan.

Pertama, saya selalu mencoba memegang prinsip bahwa saya harus siap bila ada seseorang yang mengejek saya, walaupun ejekannya agak sedikit merendahkan harga diri saya. Dalam hati, saya coba menahan emosi dengan mengatakan “itu gak masalah selama loe2 pada gak bawa2 ortu gw atawa keluarga gw” (wuihhhh…)

Kedua, saya pernah membaca sebuah buku tentang analisa kepribadian sewaktu SMU dulu. Salah satu isi buku tersebut mengatakan bahwa pada dasarnya bila ada seseorang yang mengejek kamu, menghina, melecehkan atau merendahkan dirimu di depan orang lain sehingga kamu terkesan tidak berharga dan tidak berdaya, maka ingatlah bahwa sebenarnya orang yang mengejek, menghina dan melecehkan kamu lah yang sebenarnya lebih lemah. Dia melakukan hal itu agar orang lain tidak merendahkannya, bagi orang2 lemah seperti itu dengan melecehkan dirimu maka ia berpikir orang lain tidak akan melecehkan dan merendahkannya. Kasihan ya orang2 seperti ini, padahal cara mereka salah, cepat atau lambat justru mereka yang hancur. Seperti kata pepatah “Apa yang kamu tanam maka itulah yang akan kamu tuai”

Terus terang cara yang kedua lah yang lebih sering saya terapkan, membuat saya menjadi pemaaf walaupun pada awalnya sakitttt…banget. Toh menjadikan dirimu pemaaf bukan berarti kamu lemah bukan, justru Allah S.W.T akan meninggikan derajatmu dan selalu membantumu (bayangkan bukan manusia lagi yang ngebantu, bahkan Allah turun tangan)

Ketiga, positif thinking. Saya selalu mencoba berpikir positif mungkin orang yang sedang mengejek saya itu hanya bercanda, cuma dia tidak sadar kalau bercanda sudah keterlaluan sampai merendahkan orang lain..wahh..lagi2 belajar jadi pemaaf, makin tinggi deh derajatnya Aminnn…

Tapi kadang aneh, masa ada orang yang senang bercanda dengan cara mengejek seseorang sampai merendahkannya, di depan orang lain pula. Ahhh..positif thinking aja…biar Allah S.W.T yang membalasnya, dengan memberi azab mungkin (huaaahhhh…).

Ok pren….mungkin itu cara yang biasa saya gunakan, entah efektif atau tidak bila kalian juga ikut menerapkannya, cuma sekedar sharring dan semoga berguna. Doakan juga semoga saya tetap bisa menggunakan cara ini, karena namanya juga manusia, keimanan dan kesabarannya bisa naik bisa juga turun. Nah..kalau sedang turun itulah yang berbahaya…semoga cepat naiknya..kalau tidaxxx…jangan salahkan saya kalau tiba2 saya bawa samurai…atau minigun, AK 47 juga boleh, bawa greenade launcher juga kayaknya bagus tuh….waduh makin ke bawah penjelasannya makin kejam, sudah waktunya mengakhiri artikel, sebelum aritkel ini saya tulis menggunakan tinta darah..huahahaha… piss…

Tidak ada komentar: